Kerja Sama Klinik 24 Jam dokter dan pemilik tempat.

Klinik 24 jam merupakan sebuah sarana pelayanan kesehatan masyarakat sekaligus suatu peluang bisnis yang bagus. Membangun klinik 24 jam memang harus jeli dan butuh nafas panjang untuk melihat kesuksesannya. Namun, bagi Anda yang memiliki tempat (ruko, rumah ataupun garasi sekalipun) jangan ragu-ragu untuk mengajak dokter untuk bekerja sama membangun klinik 24 jam bersama-sama dan tentu bagi hasil (win-win solution)

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membangun suatu klinik 24 jam :

Pemilihan Lokasi

Lokasi adalah hal terpenting yang harus diperhatikan. Sebagai dokter yang sudah pernah praktek di beberapa klinik 24 jam saya melihat daerah perumahan menjadi pilihan utama dan terbaik untuk membuka klinik 24 jam. Saya pernah paraktek di sebuah klinik kawasan elit cibubur dan mendapati pasiennya lumayan banyak. Jadi lihatlah ada berapa rumah di kompleks tersebut misalnya 1000 rumah.

Lalu pilih lokasi yang pasti dilewati setiap warga yang tinggal di kompleks tersebut. Atau jika di jalan masuk-keluar kompleks. Tidak disarankan membuat klinik di jalan besar dengan laju kendaraan di atas 50 Km /Jam, meskipun ramai tapi menurut pengalaman say klinik ini tidak begitu ramai

Peluang Bisnis
Bisnis klinik 24 jam adalah bisnis jangka panjang. Masa membangun bisa mencapai 1 tahun. Jika Anda ingin membangun klinik 24 jam bisa jadi Anda harus siap impas atau rugi pada 6 bulan pertama.

Berapa peluang penghasilan di klinik 24 jam? Penghasilan klinik 24 jam sangat tergantung dari lokasi dimana klinik tersebut berada. Saya pernah bekerja di Klinik di suatu kawasan elit di cibubur, disini bisa mencapai omzet kisaran 1,5 juta sampai 4 juta per HARI. Sebulan Omzet klinik ini bisa mencapai rata-rata Rp. 60.000.000.- Di klinik ini per pasien yang berobat harus meronggoh kocek berkisar 200rb sampai dengan 350 rb. Di sini tampaknya si pemilik klinik membebankan biaya gedung yang memang lumayan besar ke si Pasien. Namun saya juga pernah bekerja klinik dengan rata-rata masyarakat menengah ke bawah, di sini biaya per pasien sudah termasuk obat sekitar 40.000-70.000,-

Perhari ada sekitar 7 pasien. Omzet di klinik ini berkisar 8 sd. 10 juta per bulan. Ada juga klinik lain tempat saya bekerja yang penghasilannya sekitar 25 juta per bulan. Namun, satu hal yang harus Anda ingat adalah semua yang saya bicarakan di atas adalah kilnik yang sudah lebih dari 1 tahun buka.

Yang Perlu Dipersiapkan
Bagi Anda yang memang belum mengenal bisnis klinik 24 jam sebaiknya jangan memulai sebelum betul-betul mendalami bisnis ini. Namun Anda bisa tetap memulai binis ini bila Anda bisa beberapa hal yang saya sebutkan di bawah ini :

1. Sebuah Ruko yang lokasinya strategis. Diutamakan di suatu kompleks perumahan elit sampai menengah ke atas dengan penghasilan per bulan warga di atas 15 juta perbulan /rumah
2. Anda mempunyai dana untuk biaya awal pembangunan klinik 24 jam ( Apa saja biayanya? saya jelaskan di bawah ini)
3. Mau bekerjasama dengan dokter atau orang yang sudah berpengalaman dalam klinik 24 jam dengan prinsip win-win solution.

Bila Anda mempunyai ketiga hal di atas Anda tinggal menguhubungi dokter atau kerabat Anda yang dokter dan memulai klinik Anda.


Biaya-biaya awal untuk klinik 24 jam (biaya ini hanya perkiraan dan bervariasi bergantung tempat) :

1. Biaya Perizinan ke Dinkes (700rb-2 juta)
2. Biaya SIP dan Rekomendasi IDI untuk dokter yang akan bertugas (100rb-500rb)
3. Pembelian alat klinik ( 3juta-5juta)
4. Renovasi klinik (penyekatan ruang dll) 1-2 jutaan
5. Beli obat awal 3-5juta

Jika digabungkan semuanya bisa mencapai 5-12 juta. Namun, jika terlalu besar semuanya ini bisa Anda akali dengan membeli alat secara bertahap.

Semuanya pengurusan di atas akan dilakukan oleh si pengelola klinik namun dananya tetap dari Anda. Selain pengurusan ijin di atas pengelola klinik juga adalah mereka yang mampu membuat sistem pembukuan keuangan klinik, buku diagnosis, buku stok obat, segala surat-surat administrasi klinik (Resep dokter, Surat keterangan sehat/sakit, rekam medis)dll.

Demikianlah pengalaman saya yang berkalitan dengan klinik 24 jam..

Di akhir artikel ini perkenankan saya dr. Hengki Ferdianto melalui blog pribadi saya gajiku.blogspot.com ini mengajukan suatu penawaran kerja sama kepada Anda yang memiliki syarat-syarat di atas. Berikut kerja samanya :

Saya mencari rekanan kerjasama yang memiliki gedung, ruko atau pun rumah yang berada di kawasan strategis di perumahan elit di kawasan Cibubur, Depok atau Jakarta ( dengan jumlah rumah 500-1000 rumah) untuk bekerja sama membangun sebuah klinik. Klinik yang saya rencanakan akan terdiri atas Dokter 24 jam, Dokter Gigi dan Akupuntur. Anda sebagai penyedia tempat dan modal awal dan saya sebagai pengelola. Untuk keterangan lebih lanjut silahkan buat janji untuk langsung bertemu. Silahkan hubungi saya di 0817273116 atau 021-8700694...

Bagikan Info ini

Bookmark and Share
Sponsor Web Penghasil Uang

Artikel Terkait

Toko Buku Kedokteran Online

 

Lihat semua daftar posting »»Gajiku di Bisnis Internet is proudly powered by Blogger | Minima Template edited by Bowo