Melipatgandakan keuntungan dengan joint Venture


Iklan itu mahal dan beresiko. Jangan salah tangkap. Saya memang mengeluarkan uang atas iklan, tapi saya selalu memandang ini “terbaik-kedua.” Ia beresiko karena anda tak pernah tahu apa yang akan berhasil atau tak akan berhasil bagi penawaran anda. Cara paling menguntungkan dan bebas-resiko untuk memasarkan produk-produk dan jasa-jasa anda adalah lewat usaha patungan (joint venture). Ketimbang anda mencoba membayar untuk menghasilkan traffic (lalu lintas) ke website anda, temukan website yang sudah memiliki para pengunjung terbidik anda.

Daripada beriklan untuk mendapatkan para pengunjung itu, bekerjasamalah dengan menawarkan suatu persentase dari penjualan anda kepada para pemiliki website itu. Anda memiliki sebuah produk atau jasa. Mereka memiliki para bakal pelanggan anda di website mereka. Bagi uangnya dan tawarkan produk anda kepada para pengunjung mereka dan para pelanggan email opt-in mereka.

Cara tercepat untuk memulai usaha patungan online adalah memasang sebuah program affiliate bagi website anda. Memasang program affiliate adalah salah satu putusan paling bijaksana yang bisa pernah anda ambil sebagai seorang pemasar Internet. Daripada bekerja untuk mendatangkan lalu lintas sendiri atau mengeluarkan uang atas penghasilan lalu lintas, tawarkan suatu bagian pantas dari laba anda kepada para affiliate sehingga mereka akan mengerjakan penjualannya bagi anda.

Ini sebenarnya suatu cara membawa usaha patungan ke tingkat selanjutnya. Salah satu masalah terbesar dengan usaha patungan offline adalah menemukan suatu cara bagus melacak semua penjualan yang dihasilkan melalui usaha patungan. Software affiliate memberi anda kemampuan untuk berusaha patungan dengan ribuan perusahaan dan membuat seluruh proses pelacakannya terotomat.

Softwarenya akan melacak hits, penjualan, dan banyak lagi bagi para mitra usaha patungan anda. Orang-orang dulu akan memimpikan memiliki mekanisme pelacakan yang bagus semacam itu. Kesulitan yang dialami kebanyakan orang dengan program-program affiliate mereka berasal dari para affiliate itu sendiri. Adalah suatu fakta masyur bahwa hanya sedikit dari para affiliate anda akan menghasilkan mayoritas penjualan anda. Banyak sekali dari mereka mendaftar dan hanya berharap untuk mendatangkan lalu lintas atau membuat penjualan. Anda akan harus membantu orang-orang ini dengan mengajari mereka, tetapi mereka tidak boleh jadi satu-satunya fokus dalam program affiliate anda.

Program-program affiliate benar-benar sukses dengan memusatkan perhatian anda pada ke-5% atau kurang yang merupakan pemrakarsa dan pencapai sungguhan. Anda perlu memberi perhatian ekstra kepada mereka, memberi dengan bebas waktu anda, dan sering menawari mereka tingkat pembayaran komisi yang lebih tinggi.

Anda juga jangan sampai berkonsentrasi cuma pada memasukkan orang-orang ke dalam program anda. Siapa peduli kalau anda punya 10.000 affiliate jika hanya satu dari mereka menghasilkan penjualan yang berarti. Anda akan lebih baik secara aktif merekrut lebih banyak super-affiliate seperti satu affiliate anda yang benar-benar sukses daripada mencoba untuk hanya merekrut ribuan anggota.

Inilah rahasia tersembunyi dari program-program affiliate yang sukses. Mereka tidak cuma menaruh jaring di luar sana dan berharap membuat para affiliate yang baik mendaftar. Kebanyakan orang yang mendaftar begini tidak sangat efektif dalam mempromosikan programnya.

Program-program affiliate paling sukses mencari tahu siapa situs-situs paling sering dikunjungi dalam suatu pasar, dan mereka secara aktif dan agresif mencoba merekrut mereka ke dalam programnya.

Cari tahu Di Mana Pembeli Anda

Anda ingin orang-orang membeli produk-produk dan jasa-jasa anda. Para calon pelanggan anda ini sudah online dan mengunjungi banyak website. Kenapa tidak pergi saja ke para pemilik website populer ini dan membuat kesepakatan dengan mereka untuk menawarkan produk-produk anda ke pasar itu?

Terdengar gampang, kan? Memang, ini gampang... jika anda telah mengikuti langkah-langkah yang membawa ke titik ini. Satu-satunya alasan semua orang belum melakukannya adalah mereka terlalu takut akan penolakan! Mereka takut seseorang akan mengatakan TIDAK kepada mereka.

Anda akan mendapatkan lebih banyak Tidak daripada Ya mengikuti sistem yang dibeberkan kepada anda di bawah ini, tapi ini bukan masalah. Anda tak memerlukan 1.000 affiliate untuk mempromosikan program anda bagi anda. Anda bahkan tak memerlukan 100. Jika anda memiliki 10 website lalu lintas tinggi yang bekerja dalam kemitraan dengan anda, maka anda boleh dibilang bisa menjamin sukses bagi proyek anda jika terpasang suatu sistem penjualan yang bagus di situs anda.

Hal pertama yang akan harus anda lakukan adalah mulai mencari situs-situs lalu lintas tinggi dalam pasar anda. Ada banyak cara untuk menemukan mereka, tapi mari kita mulai dengan suatu cara amat gampang. Pergilah ke www.copernic.com dan ambil software Copernic.

Copernic memungkinkan anda mencari web memakai kata-kata-kunci anda pada semua search engine besar sekaligus. Meskipun mereka memiliki versi berbayar, versi gratisnya akan bekerja baik untuk maksud kita.

Anda hendak mencari web seperti halnya jika anda sedang memakai sebuah search engine biasa, tetapi software ini akan memberi anda daya untuk menjelajahi semua search engine penting pada satu waktu untuk cantuman-cantuman. Ia juga akan memungkinkan anda mengklik pada tiap link yang dihasilkan dan mengunjungi situs-situs tanpa harus terus mengklik “Back” pada browser anda untuk kembali ke cantuman-cantuman search engine-nya.

Anda akan juga perlu mengambil satu program lain untuk melakukan pekerjaan anda. Kunjungi www.alexa.com untuk mendownload software Alexa untuk ber-antarmuka (interface) dengan browser anda. Software ini adalah alat bagus untuk menemukan para mitra affiliate terbaik bagi program anda. Ia berantarmuka dengan browser web anda dan menunjukkan anda informasi sangat penting tentang situs-situs yang sedang anda kunjungi termasuk: lalu lintas (traffic) website itu, opini orang-orang atas situs itu, link-link ke situs-situs serupa lainnya, dan informasi kontak bagi pemilik nama domainnya.

Tiap-tiap alat yang disediakan bagi anda dari Alexa sangat penting untuk menemukan para mitra yang tepat untuk dihubungi. Anda akan memeriksa statistik lalu lintas websitenya saat anda berkunjung karena anda sedang mencari khusus situs-situs lalu lintas tinggi untuk menjadi mitra anda.

Link-link ke situs-situs serupa lainnya di bagian atas browser anda akan membantu anda menemukan mitra-mitra potensial bagi program anda. Anda bahkan bisa berjalan tanpa software Copernic jika anda ingin memulai pencarian anda. Pergi saja ke alamat web dari salah satu pesaing utama anda, lihatlah daftar link Alexa di bagian atas halaman dan mulailah kunjungi para pesaing potensial dan mitra usaha patungan lainnya.

Anda hanya memerlukan satu situs yang bagus dalam pasar anda agar Alexa memberi anda link-link ke banyak lainnya. Lalu, saat anda mengunjungi situs-situs itu anda akan menerima link-link ke lebih banyak situs dalam pasar itu. Proses kontak ini bisa berlanjut bagi sangat banyak kunjungan situs berbeda dari situs mula-mula tempat anda memulai.

Anda secara khusus mencari situs-situs lalu lintas tinggi. Ini adalah situs-situs yang berperingkat 100.000 atau KURANG pada cantuman Alexa. Mereka memeringkat situs-situs menurut lalu lintas (traffic). Situs lalu lintas tertinggi di Internet diperingkati #1 dan ia turun dari situ. Segala situs dengan peringkat kurang dari 100.000 adalah mitra potensial yang bagus bagi anda.

Tiap kali anda menemukan satu mitra potensial, salin alamat website mereka ke Notepad. Lalu, munculkan informasi kontak untuk situs itu dan copy dan paste nama, alamat email, dan nomor faks mereka ke Notepad. Buat sejumlah catatan atas situs itu sendiri. Perhatikan apa pun yang mungkin atau mungkin tidak membuat mereka satu mitra potensial yang baik bagi anda dan sesuatu yang bisa anda sebutkan ketika anda mengontak mereka yang anda sukai tentang situs mereka... atau yang menunjukkan pada anda mereka akan jadi mitra yang baik dengan anda.

Bagian dari proses kontak yang mengikuti adalah membuat surat-surat terpersonalisasi kepada setiap webmaster dan menyebutkan hal-hal pada situs mereka yang anda sukai atau yang bisa digunakan untuk membantu anda melakukan suatu kemitraan (daftar email, stat traffic, dll.)

Begitu anda selesai membuat catatan tentang situs tempat anda sedang berasa, lalu lihatlah daftar link dalam Alexa di bagian atas browser anda. Kunjungi satu dari situs-situs tercantum itu. Periksa stat traffic, pasar sasaran mereka, dll. Proses surfing dan mencatat ini bisa berlangsung selama yang anda inginkan sampai anda telah membuat suatu daftar kontak yang cukup banyak.

Mengontak dan Merekrut Para Pemilik Website

Anda akan ingin mengemaili DAN menyurati semua pemilik website itu. Banyak dari webmaster itu tak memeriksa emailnya sendiri atau mereka menerima begitu banyak email sehingga mereka hanya memberi setiap mitra usaha patungan potensial pandangan sekilas. Anda hanya akan mendapatkan jumlah mitra amat minim jika anda hanya memakai email.

Mengirim surat kepada para webmaster itu akan memberi anda tingkat kontak yang jauh lebih tinggi. Kebanyakan mereka memang melihat surat mereka dan akan jauh lebih mungkin menanggapi sepucuk surat terpersonalisasi dari anda. Surat pendek yang anda kirim perlu menawarkan suatu kopi tinjauan gratis dari produk anda dan persentase komisi yang tinggi. Anda tak sedang mencari hanya suatu link banner kecil. Tujuan anda adalah untuk mendapatkan suatu dukungan bagi produk anda dari sang webmaster. Ini akan menghasilkan penjualan paling sedikit 3 - 4 kali apa yang akan dicapai suatu link banner.

Agar mereka memberi anda dukungan, mereka perlu sesungguhnya telah mencoba produk atau jasa anda. Jangan pelit dan membuat mereka membelinya. Ini cara pasti untuk kehilangan peluang itu. Tawarkan salinan gratis dari produk anda untuk diperiksa. Tingkat komisinya perlu juga yang cukup besar. Anda akan kaget jika anda mengetahui betapa sering orang-orang telah mengontak saya mencoba membuat saya menjual produk-produk mereka demi 10% atau 20% dari harga penjualan.

Lupakan. Anda perlu mengontak para webmaster ini dan menawari mereka komisi 40%, 50%, atau bahkan 60% dalam menjual produk atau jasa anda. Ingat, mereka memiliki traffic yang siap dan mau membeli produk dan jasa anda. Ratusan orang mengontak mereka setiap hari mencoba membuat mereka bermitra dengan mereka untuk menjual produk-produk mereka. Tawaran anda kepada webmaster itu akan perlu mencuat dari program affiliate yang biasa. Anda harus merebut perhatian mereka dan membuat mereka girang sehingga ingin tahu lebih banyak.

Jaga suratnya pendek. Anda tidak sedang mencoba memberi mereka presentasi penuh dalam kontak pertama. Cobalah dua atau tiga paragraf pendek dan lalu informasi kontak penuh termasuk alamat email maupun nomor telepon anda. Jangan buang waktu mereka dalam surat itu.

Anda mungkin ingin menulis hal serupa surat JV (joint venture) cepat yang telah saya tulis di bawah ini:

Dear Michael Smith,

Nama saya Terry Dean dan saya telah mengunjungi website anda di www.situsanda.com hari ini dan sangat terkesan dengan kualitas dan isi dari artikel-artikel pemasaran Internet anda. artikel tentang Pemasaran Email bagi Bisnis Kecil sangat berguna bagi saya.

Saya menjalankan sebuah situs keanggotaan bulanan di www.bizpromo.com dan ingin menawari anda suatu salinan gratis dari paket saya. Saya juga ingin membahas kemungkinan suatu usaha patungan antara perusahaan kita yang bisa secara berarti meningkatkan laba dari website anda.

Silakan hubungi saya di 000-1234567 atau email saya di webmaster@bizpromo.com.
Terimakasih.

Nama anda
webmaster@website-anda.com
www.website-anda.com



Bagikan Info ini

Bookmark and Share
Sponsor Web Penghasil Uang

Artikel Terkait

Toko Buku Kedokteran Online

 

Lihat semua daftar posting »»Gajiku di Bisnis Internet is proudly powered by Blogger | Minima Template edited by Bowo