Transaksi eBay di Indonesia Melonjak Drastis


TEMPO Interaktif, Jakarta: Indonesia rupanya cukup diperhitungkan dalam transaksi elektronik di situs penjualan online, eBay. Hal ini diungkapkan oleh direktur eBay, Allis Ghim. "Tahun lalu total nilai barang-barang yang ditransaksikan oleh user eBay di Indonesia meningkat sebesar 52 persen,” ujar Allis melalui siaran pers yang dikirimkan ke Tempo.

Dengan peningkatan ini, juga seiring dengan potensi pertumbuhan jaringan online yang terus meningkat pesat, Allis mengatakan eBay optimis dengan potensi pasar Indonesia.

Pengguna eBay dari Indonesia pertama kali terdaftar pada September 2006. Kategori-kategori barang yang paling sering dibeli diantaranya perhiasan dan jam tangan, pakaian dan aksesoris, serta rumah dan taman.

Guna memantapkan pasarnya di Indonesia, eBay juga menyediakan situs eBay berbahasa Indonesia di http://www.id.ebay.com. "Kini masyarakat Indonesia dapat mendaftar pada situs berbahasa Indonesia dan berjualan atau membeli secara internasional melalui situs global eBay," ujar Allis.

Mengutip IDC, Allis menambahkan jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 17 juta. Sementara nilai e-commerce di negara ini mencapai US$3,4 milyar. "Indonesia merupakan pasar yang potensial bagi kami," ujarnya.

Ia juga menghimbau agar para pebisnis Indonesia menggunakan eBay dan memperdagangkan barang-barang khas Indonesia yang terkenal, seperti kerajinan tangan Indonesia, pakaian, perhiasan perak dan hiasan rumah.

"eBay adalah ­channel yang tepat untuk mengembangkan bisnis secara online dan menjangkau pelanggan-pelanggan dari seluruh dunia," ujarnya berpromosi.

Saat ini situs ini telah mengumpulkan lebih dari 88 juta pengguna di seluruh dunia dan hadir di 39 negara. Menurut survei AC Nielsen pada tahun 2006, sekitar 1,3 juta orang menggunakan eBay sebagai sumber penghasilan utama atau penghasilan tambahan mereka.

Kartika Candra

Bagikan Info ini

Bookmark and Share
Sponsor Web Penghasil Uang

Artikel Terkait

Toko Buku Kedokteran Online

 

Lihat semua daftar posting »»Gajiku di Bisnis Internet is proudly powered by Blogger | Minima Template edited by Bowo