Memilih Makanan Berdasarkan Watak

Sejak dahulu, para pakar telah menyadari adanya perbedaan temperamen manusia yang mempengaruhi karier dan kesehatannya. Yang pertama mencoba menemukan jawabannya adalah para alkimia (alchemist), yaitu ahli ilmu pengetahuan yang hidup di zaman Mesir kuno. Menurut alkimia, ada empat unsur energi universal yang menjadi sumber kesejahteraan yang mempengaruhi temperamen seseorang, yaitu air, udara, api, dan tanah (bumi). Memang sedikit berbeda dengan kebudayaan Timur yang mengenal lima unsur yang mempengaruhi organ tubuh, yaitu air, udara, api, tanah, dan kayu.


Sementara itu Aristoteles, pemikir Yunani kuno, menghubungkan keempat unsur tersebut menurut sifat temperatur (panas atau dingin) dan kelembabannya (kering atau basah); menjadi api (panas kering),
udara (panas basah), tanah (dingin kering), dan air (dingin basah).

Tapi kemudian Hipocrates, bapak kedokteran Yunani kuno, mengelompokkan karakter manusia menjadi empat tipe dasar yang membedakan reaksi mereka dalam menghadapi tekanan hidup sehari hari. Ada orang yang mudah tersinggung, ada juga yang nampak sabar walau sebenarnya remuk di dalam. Temperamen itu pula yang nantinya mempengaruhi gaya hidup dan kesehatannya.

Selanjutnya Hippocrates membuat tabel dengan sumbu tegak untuk membedakan antara kecenderungan seseorang melihat dunia luar menjadi kubu terbuka (ekstrovert) dan tertutup (introvert), dan kecenderungannya menyesuaikan diri dengan perkembangan menjadi kubu konservatif (tetap) dan progresif (ingin perubahan). Dari tabel tersebut, muncul empat tipe karakter dasar, yaitu:

  1. Sanguin (ekstrovert-progresif): cenderung ceria dan optimis, namun mudah menjadi agresif bila menghadapi tekanan.
  2. Kholerik (introvert-progresif): emosional, umumnya sangat cepat bereaksi dan mudah memuncak emosinya bila menghadapi tekanan.
  3. Flegmatik (ekstrovert-konservatif): pendiam, umumnya tidak demonstratif dan mampu mengendalikan diri. Namun bisa menjadi keras kepala ketika menghadapi tekanan.
  4. Melankolik (introvert-konservatif): tenang, biasanya sangat terkontrol bahkan mungkin tampak tidak bahagia. Umumnya mudah depresi bila menghadapi tekanan.

Dengan pendekatan Hipocrates tersebut, para pakar modern mengembangkannya untuk banyak hal, salah satunya adalah untuk memahami pola kecenderungan menurut rasi bintang (horoskop). Berdasarkan tipe dan unsur yang mempengaruhi setiap bintang, beginilah contoh pilihan makanan yang dianjurkan untuk membentuk keseimbangan, saat unsur yang mempengaruhi tubuh menguat atau melemah.

Sanguin
Tipe ini dipengaruhi oleh unsur udara. Unsur ini mengatur saraf, sistem sirkulasi dan fungsi gerak, peristaltik, pembuangan dan pernapasan. Aquarius, Gemini, dan Libra termasuk dalam tipe ini.

Jika unsur udara terlalu kuat, akan muncul kecenderungan overaktif, kegelisahan, pikiran terlalu sensitif, panik, dan letih. Juga kekeringan kulit dan rambut, serta gangguan sulit tidur (insomnia).
Kondisi yang tenang akan sangat membantu membuat sistem saraf pulih kembali.

Untuk menyeimbangkan karakter/ gangguan tersebut, makanan yang disarankan adalah sayuran yang dimasak sederhana, misalnya direbus atau dibuat sayur bening, atau kacang-kacangan. Hindari makanan mentah (buah dan sayuran mentah), padi-padian, atau bahan pangan umbi-umbian seperti ubi jalar, singkong, kentang, dll, serta makanan yang diolah menggunakan ragi (misalnya roti, kue-kue tradisional seperti pukis, apem) dan karbohidrat olahan (antara lain roti dan biskuit).

Sebaliknya, jika unsur udara melemah, maka aliran energi ke dalam tubuh akan terganggu. Untuk menguatkan kembali sistem saraf, makanlah makanan kaya kalsium dan magnesium, juga makanan mentah seperti buah-buahan dan sayuran, bisa dalam bentuk jus. Makanan lain yang disarankan adalah ginko, lada, bawang putih, jahe, yogurt, atau kefir.

Kholerik
Unsur yang berpengaruh adalah api. Kelompok zodiak yang dipengaruhi unsur ini yaitu Aries, Leo dan Sagitarius. Unsur api mengatur fungsi sistem pencernaan, mulai dari proses pembaaran hingga penyerapan makanan. Api juga bermaanfaat membersihkan sistem dengan memnalar racun, virus, bakteri, dan jamur. Jadi adanya unsur api juga memudahkan tubuh memerangi penyakit.

Tapi jika unsur api berlebihan atau terlalu aktif, akan muncul sifat yang tidak sabar dan mudah marah. Bisa juga muncul dalam bentuk gangguan seperti tekanan darah tinggi, gangguann liver, tumbuhnya bisul, atau terjadinya peradangan. Unsur api yang berlebih ini bisa diseimbangkan dengan makanan yang memiliki efek mendinginkan atau makana yang lambat dibakar di dalam tubuh dan erasal daru dalam bumi.

Makanan yang dianjurkan dalam kondisi ini yaitu sayuran umbi seperti wortel, kentang, bit, radis, serta padi-padian utuh seperti beras merah dan roti gandum (whole wheat bread). Sedangkan makanan yang perlu dihindari yaitu makanan pedas dan daging merah (daging sapi). Herba yang menenangkan seperti teh chamomile juga bisa membantu.

Tapi kalau api menurun, maka tubuh akan sulit memerangi penyakit. Proses pencernaan dan penyerapan makanan juga tidak berlangsung maksimal. Supaya kembali seimbang, makanan yang dianjurkan diantaranya jeruk lemon, yogurt, sayuran yang pahit seperti pare dan mustrad. Makanan yang perlu dihindari yaitu susu dan olahannya (misalnya es krim) serta daging. Herba yang disarankan adalah yang bersifat merangsang pencernaan seperti lada, mustrad, cengkeh, kayu manis, bawang putih dan jahe.

Plegmatik
Unsur yang berpengaruh adalah air. Kelompok zodiak yang dipengaruhi unsur ini adalah Pisces, Cancer, dan Scorpio. Unsur air mengatur sistem reproduksi, sistem getah bening (limfa) dan cairan tubuh, termasuk darah, lendir, dan getah bening. Unsur air sangat sensitif pada sumber penyakit dari lingkungan, khususnya pada jamur, bakteri, dan virus.

Isu kesehatan yang berhubungan dengan rasi air umumnya mengandung komponen emosi. Orang-orang dari rasi ini mudah sekali berpikiran negatif. Mereka cenderung memikirkan kesehatannya dengan membayangkan masalahnya lebih besar dari yang sebenarnya. Masalah kesehatan mereka cenderung berulang membentuk siklus.

Jika unsur air berlebihan, mereka cenderung mengalami kesulitan pen-
cernaan dan proses metabolismenya lambat. Jika unsur air terdapat berlebihan bisa timbul banyak lendir, muncul kista, tumor, atau pembengkakan tubuh akibat jamur candida. Bisa juga tampak dengan adanya kelebihan berat badan. Seringkali dengan cara mengurangi jumlah makanan saja, hal itu bisa teratasi. Namun hasil terbaik bisa didapat dengan meningkatkan kecepatan metabolisme dengan cara melakukan olahraga misalnya, mengurangi asupan cairan, mengubah pola makan, dan meningkatkan akvitas fisik.

Unsur air yang berlebihan ini bisa diseimbangkan dengan makanan seperti sayur-sayuran yang direbus, polong-polongan (seperti kacang panjang, buncis, kacang hijau, kacang merah, kacang tolo), dan buah-buahan. Hindari makanan yang berminyak, susu dan olahannya, makanan yang manis-manis, makanan mengandung ragi, roti, dan garam. Sementara herba yang bisa membantu adalah bawang putih, sage, basil, dan thyme (sage, basil, dan thyme adalah herba aromatik yang banyak digunakan untuk masakan Italia, dijual segar atau remah daun kering di pasar swalayan terkemuka).

Tapi jika unsur air berkurang, maka tubuh akan kesulitan mengeluarkan toksin dari dalam tubuh, dan mengairi sistem. Akibatnya tubuh terasa pegal dan sakit, dehidrasi, serta sulit tidur. Kekurangan unsur air juga membuat kulit dan rambut mengering dan sulit menyerap nutrisi. Karena itu, kita perlu minum cukup air. Melon, semangka, mentimun, dan jenis sayuran lain yang kadar airnya tinggi bisa membantu menyeimbangkan tubuh. Berhati-hatilah jika berada dalam cuaca atau ruangan panas atau terpapar sinar matahari yang menyengat.

Makanan lain yang dianjurkan adalah nasi, havermut (oat), rumput taut, susu dan olahannya, serta gula alami. Hindari polong-polongan dan sayuran seperti wortel, seledri, kol, dan asparagus. Jus buah-buahan akan membantu membuat keadaan tubuh lebih baik.

Melankolik
Unsur yang berpengaruh adalah tanah. Kelompok zodiak yang dipengaruhi unsur tanah adalah Taurus, Virgo dan Caapricorn. Unsur tanah mengatur sistem tulang dan pembuangan. Unsur tanah sangat penting untuk pertumbuhan, reproduksi dan perbaikan jaringan.

Unsur tanah yang terlalu kuat akan cenderung menimbulkan masalah berat badan, tumor atau gangguan kelenjar. terlalu banyak makan dan menu makanan tnggi kalori mudah memperkuat unsur tanah, apalagi bila kurang olahraga dan aktivitas hariannya tergolong sedang. Tapi mereka cenderung memiliki gigi yang kuat dan indah. Unsur tanah membuat perang memiliki kesan terhadap rasa yang kuat mereka juga memiliki sifat yang sabar dan tekun. Namun mereka lebih mudah terkena flu atau batuk pilek daripada mereka yang dipengaruhi oleh unsur api atau udara.

Bila unsur tanah berlebih tubuh akan terasa berat dan sitem tubuh pun tidak bisa bekerja dengan baik. Perlu perjuangan untuk menjadi lebih giat beraktivitas. Pencernaan dan metabolisme akan berjalan lambat dan menambah kepadatan jaringan tubuh, misalnya terjadi penebalan kulit, skeloris, timbunan kalsium, tunor dan meningkatnya bulu tubuh. Makanan yang dianjurkan untuk menyeimbangkan tubuh yaitu salad buah, taoge, asianan sayur, jus, sup, teh. Hindari makanan yang berkalori dan berlemak tinggi.

Jika unsur tanah kurang, orang cenderung tidak memperdulikan kondisi tubuhnya dan tidak sensitif dengan kebutuhannya sendiri. Mereka membutuhkan rutinitas untuk menstabilkan dirinya dan menumbuhkan rasa aman. Mereka butuh lebih banyak tidur dan melakukan kontak langsung dengan bumi.

Makanan yang bisa membantu menyeimbangkan yaitu, daging, kentang, nasi merah, atau roti gandum, ubi-ubian, susu dan hasil olahannya, sayuran rebus, keju, mentega, guila dan minyak. Hindari buah-buahan dan makanan mentah.

Bagikan Info ini

Bookmark and Share
Sponsor Web Penghasil Uang

Artikel Terkait

Toko Buku Kedokteran Online

 

Lihat semua daftar posting »»Gajiku di Bisnis Internet is proudly powered by Blogger | Minima Template edited by Bowo