Milyaran dari portal berita... mulai membuat portal yukk

Mungkin terlalu muluk bila saya katakan, untuk membangun portal berita saat ini, dan Anda kan mendapatkan milyaran. Namun, marilah kita melihat apa yang didapatkan detik.com. Untuk sementara, inilah raja diraja portal berita lokal di Indonesia. Pendapatannya pada 2007cmencapai Rp 76 miliar. Siapa yang mengira, dengan modal awal Rp 40 juta saja, pada 9 Juli 1998, PT Agranet Multicitra Siberkom (Agrakom) bisa mendirikan Detik.com. Perusahaan ini awalnya hanya melayani jasa pembuatan website.

Budiono Darsono, sang pendiri perusahaan itu, harus turun tangan sebagai developer sekaligus pemimpin redaksi dan reporter. Modalnya hanya satu tape recorder. "Saya kangen juga pada profesi wartawan," kata reporter majalah Tempo yang keluar pada 1990 ini.



Berkibarnya portal-portal raksasa, seperti Detik.com, Kompas.com, Tempointeraktif.com, tak membuat gentar sejumlah pendatang baru di dunia portal. Virtual Consulting adalah salah satu contohnya. Konsultan di bidang pemasaran dan pengembangan strategi Internet ini membidik segmen khusus dengan meluncurkan portal Niriah.com dan portalHR.com. Niriah.com adalah portal seputar perbankan dan keuangan syariah niriah merupakan singkatan bebas dari niaga
syariah. Adapun portalHR.com mengurusi soal sumber daya manusia. Mereka juga menggandeng majalah Selular untuk membikin portal www.selular.co.id, yang mengulas soal telepon seluler.
Situs Niriah.com diluncurkan pada Agustus 2007. Direktur Eksekutif Niriah Imam S. Machmud
mengatakan portal bukanlah tren, melainkan ladang bisnis yang sedang menggeliat. Karena itu, potensinya besar sebagai sumber pendapatan. Selain menampilkan berita keuangan, bisnis,
pemasaran, dan sumber daya manusia, situs ini melayani konsultasi wirausaha, manajemen,
finansial, dan teknologi informasi. Pembaca Niriah juga disuguhi simulasi pembiayaan
dan bagi hasil, direktori untuk produk-produk keuangan dan perbankan, serta kamus syariah.Sumur duit dari portal ini barulah layanan iklan banner yang membuatnya bisa meraih pendapatan Rp 30-40 juta per bulan. Imam mengatakan target mereka adalah meraih Rp 10 miliar per tahun.


Menurut dia, mereka sudah merancang model pendapatan lain, semisal berlangganan content.
"Banyak konsumen yang rela membayar untuk berlangganan content," kata bekas wartawan harian Republika ini.
Sekarang apakah pernah terpikir oleh Anda untuk memiliki portal? apakah Anda ingin mengadu keberuntungan dengan mencoba menjalankan bisnis portal dengan keuntungan ya minimal 10 juta atau sampai 40 miliar per bulan.
Bila Anda berani Anda tidak harus mengeluarkan puluhan juta. Cukup beberapa ratus ribu portal Anda sudah siap online.
Anda bisa membeli paket lengkap script termurah yang di dalamnya sudah tercakup script portal setipe detik.com, lalu belilah domain dan hosting. Tidak sampai 1 juta portal Anda sudah Online.

Bagikan Info ini

Bookmark and Share
Sponsor Web Penghasil Uang

Artikel Terkait

Toko Buku Kedokteran Online

 

Lihat semua daftar posting »»Gajiku di Bisnis Internet is proudly powered by Blogger | Minima Template edited by Bowo