Adsense Sebagai Passive Income

Menghasilkan uang dari blog, hmm.. bukan hal yang baru. Sebagian besar blogger menginginkannya, siapa yang tidak ingin menambah income, terutama passive income. Ingat artikel sebelumnya yaitu Bekerja atau Berbisnis ?, dimana kita membahas betapa tidak enaknya menggantungkan penghasilan melalui gaji. Kenapa blog disebut passive income ? karena blog akan tersedia selama 24 jam. Berarti uang bisa mengalir ke kantong melalui blog kapanpun, sedang apapun, dan dimanapun kita berada.
Jadi kita tidak perlu nongkrongin blog terus menerus, kita cuma perlu bekerja beberapa jam sehari untuk melakukan hal-hal yang diperlukan, dan selanjutnya kita bisa mengerjakan hal lainnya. Uang akan mengalir selama 24 jam, benar-benar sebuah ide yang cemerlang untuk

menghasilkan uang. Tidak mengherankan jika sekarang ini semua orang berlomba-lomba untuk mempelajari bagaiman cara menghasilkan uang dari internet, jadi sangat rugi jika kita tidak ikut-ikutan mencari uang melalui internet.
Banyak cara dan pilihan untuk mencari uang di internet, salah program yang sangat populer saat ini adalah Google Adsense. Tapi bukankah banyak cara lain untuk mencari uang melalui internet, mengapa adsense ? bukankah ada program-program lain yang bisa kita ikuti untuk mencari uang di internet ? seperti Program Affiliasi misalnya, atau membuat ebook, atau ikut join di program MLM, Pay Per Post, melakukan Investasi, ikut program Pay for Online, dan lain-lain.

Memang benar, semua program tadi bisa kita jadikan sarana untuk memberikan kita passive income. Dan setiap progam tadi mempunyai kelebihan dan kekurangan, kita akan membahasnya satu-persatu nanti. Lalu apa kelebihan dan kekurangan adsense ?, mengapa adsense begitu menarik perhatian ? mengapa adsense menjadi begitu populer dikalangan blogger dan netter yang mencari penghasilan dari internet ? ini juga yang membuat aku tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai Google Adsense.
Kelebihan Adsense
• AdSense relatif mudah untuk diikuti.
• Adsense mudah ditempatkan, kita cukup dengan copy-paste kode yang diberikan oleh pihak adsense.
• Gratis alias tidak perlu membayar biaya apapun.
• Tidak perlu repot mencari-cari pihak yang berminat memasang iklan di blog atau website kita.
• Kita cuma perlu membuat tulisan yang bagus, agar adsense bisa mencari iklan yang paling berhubungan dengan isi tulisan.
• Tidak perlu repot untuk mencari iklan atau produk yang cocok untuk tiap halaman yang kita buat.
• Tidak perlu dipusingkan dengan berbagai cara menempatkan kode dari berbagai program affiliasi yang kita ikuti (jika cuma mengikutii program adsense).
• Kita jadi bisa memfokuskan diri bagaimana cara membuat content yang bagus, dan adsense yang akan mencarikan iklan yang paling cocok di antara lebih kurang 100.000 pemasang iklan melalui program Google Adword.
• Bisa diikuti mulai dari pemula hingga yang veteran.
• AdSense menyediakan statistik yang relatif sederhana dan mudah dimengerti.
• Sekalipun kita mengikuti program affiliasi lain, Adsense tetap mengizinkan kita untuk menempatkan link dari program affiliasi tersebut, hanya saja kita perlu memperhatikan syarat-syarat yang diberikan oleh Adsense agar tidak melanggar TOS.
• Kita juga bisa memfilter atau memblock lebih dari 200 URLs dari adsense, jika iklan yang akan ditampilkan dari adsense tersebut mempunyai produk yang sama dengan produk yang kita tawarkan melalui program affiliasi lain. Ini untuk memberikan kesempatan yang lebih besar bagi program affiliasi lain yang kita ikuti.
• Google Adsense merupakan program periklanan yang kompetitif, hingga adsense banyak diminati oleh para advertiser untuk memasarkan dan memperkenalkan produk mereka.
• Hanya dengan satu account, kita bisa menempatkan adsense pada beberapa blog sekaligus. Jadi tidak perlu membuat satu account untuk tiap blog yang dimiliki.
• Banyak sumber-sumber yang bisa dijadikan bahan untuk mempelajarinya, sekalipun kita masih awam kita bisa belajar dari para veteran yang sudah lebih dulu terjun dalam dunia adsense.

Kekurangan Adsense
Seperti juga berbagai program lainnya, adsense tentu mempunyai beberapa kelemahan dan kekurangan yang cukup mengganggu. Beberapa kekurangan ini antara lain:
• Statistik income yang diberikan oleh Adsense memang cukup simple dan mudah dipahami, akan tetapi adsense tidak menampilkan iklan mana yang sering diklik dan keyword apa yang berhubungan dengan iklan tersebut. Hal ini cukup membuat frustasi, karena informasi tersebut sangat penting.
• Masih berhubungan dengan point diatas, khan jika kita tahu iklan dan keyword apa yang sering diklik, kita bisa membuang keyword yang tidak banyak menghasilkan duit.
• Adsense sering menampilkan PSA (Public Service Ads) atau iklan layanan masyarakat, dan jika ini diklik, kita dapet apa coba.
• Minimum payout is $100, berat juga tuh, terutama bagi blog yang tidak banyak mendapat traffic. Bisa butuh waktu lama tuh untuk mencairkannya.
• Sebelum blog atau website bisa disetujui untuk join adsense, blog tersebut harus di review atau di periksa dulu dulu. Dan yang melakukan pengecekkan adalah seorang manusia biasa, kalau manusianya kan cenderung ...???
• Adsense melarang kita untuk berbagi atau memberi tahukan orang lain mengenai pendapatan kita melalui adsense, begini bunyi AdSense Terms dan Conditions: "Confidentiality. You agree not to disclose Google Confidential Infataumation without Google's priatau written consent. 'Google Confidential Infataumation' includes without limitation: ... (b) click-through rates atau other statistics relating to Site perfataumance in the Program provided to you by Google..." itukan agak aneh. Sebagai sesama blogger kita perlu informasi semacam ini untuk berbagi keberhasilan dan kegagalan yang pernah dialami.
• Sebagai partner, adsense juga tidak memberi tahukan berapa persen yang kita dapatkan dari total penghasilan mereka. Kata Google sih gini: "How much will I earn through this program? The AdWatauds ads you are able to display on your content pages are cost-per-click (CPC) ads. This means that advertisers pay only when users click on ads. You'll receive a pataution of the amount paid fatau clicks on AdWatauds ads on your website. Although we don't disclose the exact revenue share, our goal is to enable publishers to make as much atau mataue than they could with other advertising netwatauks."
• Adsense rawan klik fraud, ini bisa jadi resiko yang besar bagi kita. Terutama bila ada pihak-pihak lain yang merasa tidak senang melihat orang lain suksess, dan pihak tersebutlah yang melakukan klik fraud. Tapi pihak Google mungkin beranggapan bahwa kita berkerja sama dengan pihak yang melakukan klik fraud tersebut. Dan akhirnya account kita kena banned, ludes dah penghasilan. Apalagi jika penghasilan tersebut sudah lumayan buanyak, apes dah.
• Adsense belum mendukung semua bahasa, terutama bahasa Indonesia. Jadi khan kacian bagi blogger yang belum fasih berbahasa Inggris. Mereka dengan amat sangat terpaksa harus belajar bahasa Inggris, itu jika mereka masih minat dengan adsense.
Menurutku itulah beberapa kelebihan dan kekurangan adsense, jika kamu mempunyai pendapat sendiri, sudilah untuk membaginya disini.

Bagikan Info ini

Bookmark and Share
Sponsor Web Penghasil Uang

Artikel Terkait

Toko Buku Kedokteran Online

 

Lihat semua daftar posting »»Gajiku di Bisnis Internet is proudly powered by Blogger | Minima Template edited by Bowo