Jadikan Web Anda ‘Unik’

Apa yang membuat website anda unik? Mengapa orang-orang perlu membeli dari anda bukannya pesaing? Jika anda tak tahu jawaban pertanyaan ini, maka saya jamin para pengunjung anda tidak tahu. Dan jika tidak ada suatu alasan ampuh dan kaya-manfaat bagi mereka untuk berbisnis dengan anda ketimbang orang lain, maka anda telah kehilangan mereka.

Apa yang anda lakukan lebih baik daripada semua orang lain di pasaran? Faedah-faedah tambahan apa mereka dapatkan dari anda SEMATA? Di bawah ini adalah 10 kemungkinan bagi Posisi Web Unik anda. Ini tidak berdiri sendiri... artinya anda bisa menggabungkan beberapanya untuk jadi posisi web unik anda. Atau anda bisa memakai salah satunya sebagai batu loncatan untuk menemukan posisi web rill anda secara terpisah.

Posisi Web Unik #1—Harga

Memiliki harga-harga terendah akan selalu memaksa anda untuk memiliki marjin keuntungan sangat tipis dan untuk menutupnya dengan volume penjualan tinggi. Jika satu pesaing yang lebih besar dan berdana lebih membuka sebuah toko persis di sebelah anda, anda dalam masalah. Inilah yang telah terjadi pada banyak sekali toko kecil di seluruh AS ketika Wal-mart muncul di kota mereka. Mereka tidak menyadari atau memanfaatkan segala kelebihan lain yang mereka mungkin saja telah miliki... sehingga mereka dibuat gulung tikar dengan tak mampu menawarkan tingkat harga yang sama.

Di Internet, ini lebih mungkin lagi terjadi. Perseroan-perseroan besar meng-online tanpa niat meraup laba selama bertahun-tahun... sehingga mereka sangat rela untuk mengalahkan harga anda dan membuat anda benar-benar gulung tikar.

Posisi Web Unik #2—Kualitas Lebih Tinggi

Anda bisa berfokus pada mengembangkan sebuah produk bermutu-tinggi dan memasarkan ke suatu pasar yang lebih eksklusif. Misalnya, Mercedes tak berniat menghargakan diri pada tingkat yang sama dengan Ford. Mereka menghargakan diri jauh lebih tinggi dan lalu berfokus pada kualitas mobil-mobil mereka.

Anda bisa mengikuti model yang sama ini bagi produk-produk anda. Daripada dikenal sebagai memiliki harga-harga termurah, berfokuslah pada menyediakan nilai terbesar bagi rupiah seseorang. Pikirkan nilai, bukan harga-harga untuk model ini. Nilai dan harga adalah dua hal yang sama sekali berbeda.

Ini hanyalah soal menjual rupiah seharga 10 sen... berikan nilai satu rupiah untuk tiap 10 sen yang produk anda berharga. Dengan kata lain, anda harus menunjukkan pelanggan berapa banyak nilai lebih yang akan mereka dapat dari produk bermutu anda bagi uang mereka daripada yang akan mereka dapat dari suatu barang berharga lebih rendah.

Posisi Web Unik #3—Garansi Lebih Lama

Lupakan garansi 30-hari itu yang disyaratkan oleh undang-undang. Tunjukkan betapa bagus produk-produk anda kepada para pelanggan anda. Jamin pekerjaan anda selama 90 hari, 180 hari, 365 hari, 3 tahun, atau selama seumur hidup. Jika semua orang lain dalam pasar anda hanya menawarkan garansi 30 hari, maka garansi 2-tahun anda akan menonjol di pasaran.

Anda bisa dengan cepat mengembangkan dominasi pasar dengan hanya memberikan garansi lebih baik daripada semua orang lain. Anda bisa menunjukkan pada para pelanggan anda bahwa anda mau berdiri di belakang produk-produk anda sekalipun tak satu pun pesaing anda mau. Anda bahkan bisa melakukan variasi kecil atas tema ini dan membiarkan pelanggan anda menerima produk anda sebelum mereka harus membayar. Beri mereka masa percobaan 30-hari di mana anda tidak menyetorkan cek mereka atau memproses kartu kredit mereka. Kemudian, kalau mereka puas bahwa produknya memang cocok semuanya dengan yang anda bilang, anda memproses pembayaran mereka. Dengan begini anda mengambil semua resiko dari pelanggan anda.

Posisi Web Unik #4—Pendidikan Lebih Baik

Metode ini bisa membuahkan keajaiban di Web. Anda bisa jadi orang yang menyediakan pendidikan terbaik bagi para prospek dan pelanggan anda. Suatu pernyataan yang telah berhasil bagi banyak website saya adalah “Beri Dulu dan Buktikan Nilai Anda.”

Beri pendidikan kepada para prospek anda tentang produk-produk anda. Lalu, juga lanjutkan proses pendidikan itu dengan para pelanggan dan tunjukkan mereka cara mendapatkan nilai maksimum dari produk-produk atau jasa-jasa anda.

Home Depot telah membangun suatu bisnis pengembangan rumah yang berkembang pesat atas tema macam ini. Mereka tidak hanya menjual anda barang-barang yang anda butuhkan untuk rumah anda, tapi mereka juga mengajari anda cara mengerjakan proyek-proyek rumah lewat artikel-artikel dan bahkan kelas-kelas pelatihan langsung. Jika anda mengikuti salah satu kelas mereka, segala pesaing akan sangat tertekan untuk mengalihkan anda dari kelas-kelas anda.

Posisi Web Unik #5—Bonus-Bonus Lebih Banyak

Ini kembali ke prinsip rupiah seharga sen lagi. Jika anda bisa memberikan suatu nilai yang jauh lebih besar bagi uang pelanggan anda, maka mereka akan lebih dari rela untuk membeli dari anda ketimbang para pesaing anda.

Sertakan bonus-bonus gratis dalam setiap produk yang anda jual. Petunjuk: Bonus-bonus itu tak harus disediakan oleh anda. Anda bisa kontrak dengan sebuah majalah yang menari bagi para pelanggan anda dan meminta suatu diskon sangat besar bagi anda untuk membeli langganan bagi semua pelanggan anda (atau anda bisa juga meminta langganan gratis bagi para pelanggan anda karena mereka adalah pasar sasaran tepat yang majalah itu sedang coba jangkau secara efektif-biaya).

Anda bisa membeli hak terhadap sebuah buku dan menyertakan buku itu sebagai sebuah bonus dengan semua pembelian produk. Mulailah berpikir dari segi paket-paket nilai tambah bukannya cuma masing-masing produk demi hasil-hasil terbaik dari pemasaran online anda.

Posisi Web Unik #6—Layanan Pelanggan

Banyak perusahaan telah mengabaikan layanan pelanggan mereka. Ini membuka pintu bagi perusahaan-perusahaan yang sungguh-sungguh mendahulukan para pelanggan mereka.

Anda bisa memiliki suatu PWU layanan pelanggan. Bukan hanya anda menjual produk, tapi anda juga bisa dihubungi dengan telepon bebas-pulsa jika pelanggan anda mengalami masalah apa pun menggunakannya. Perusahaan-perusahaan komputer telah mulai memakai metode ini dengan amat efektif. Semua orang tahu mereka akan mengalami masalah komputer. Jadi, kalau mereka menjadi perusahaan yang peduli, mereka menjadi perusahaan yang darinya semua orang ingin membeli.

Posisi Web Unik #7—Pilihan Lebih Banyak

Ini brand Amazon. Mereka adalah Toko Buku Terbesar Dunia. Kalau kebanyakan toko buku besar memajang 60.000 buku, Amazon bisa mengirimi anda setiap buku yang saat ini diterbitkan (ini berjumlah jutaan).

Jika kebanyakan perusahaan hanya menawarkan satu atau dua warna dalam 3 model... maka, perusahaan anda bisa menawarkan 27 warna dalam 15 model. Ini suatu keunggulan yang benar-benar bisa anda garap dengan Web. Kebanyakan toko terbatas dalam besar persediaan potensial yang bisa mereka pajang. Jika anda membuat kontrak-kontrak dengan para distributor luar, maka anda bisa memiliki ratusan gudang yang penurut.

Lihatlah yang telah dilakukan video Blockbuster. Mereka kini punya “Persewaan Terjamin.” Jika anda ingin menyewa sebuah film pada daftar persewaan terjamin Blockbuster, maka jika mereka tak memilikinya, anda mendapat selembar kupon untuk menyewanya gratis kali lain. Jadi, kalau ada film yang anda anda yakin setiap orang inginkan, anda perlu memeriksa Blockbuster dulu.

Posisi Web Unik #8—Program-Program Tukar-Tambah

Inilah cara persis yang digunakan Gateway untuk membangun basis pelanggan mereka. Anda mendapatkan sebuah komputer hari ini dan mereka akan menyediakan upgrade atas tukar-tambah anda pada masa mendatang (plus mereka jadi mempertahankan anda sebagai pelanggan selamanya dengan begini dengan produk-produk baru).

Banyak produsen software membangun penghasilan backend residual (pasif) mereka dengan cara ini. Kapan pun mereka mengeluarkan suatu versi software baru, mereka memberi harga potongan untuk upgrade. Maka, mereka memiliki suatu aliran-laba melekat setiap tahun atau setiap dua tahun untuk masing-masing versi baru mereka. Bill Gates adalah seorang pemasar sangat cerdas, bukan?

Posisi Web Unik #9—Pasar Khusus

Daripada menjual website kepada setiap bisnis, anda bisa berfokus pada hanya menjual website kepada para konsultan, klub golf, agen real estate, dll. Dengan kata lain, persempit pasar anda dan mengkhususkan dirilah. Maka, saat sebuah agen real estate membutuhkan sebuah website, mereka jauh lebih cenderung untuk bekerja dengan pengembang website real estate dibandingkan semua orang lain. Anda mulai membangun nama bagi diri anda dalam satu pasar khusus.

Plus, anda juga akan mulai memahami kebutuhan-kebutuhan tertentu bagi pasar anda dan jalan pikiran mereka dalam memasang sebuah website. Tidak hanya anda bisa menguasai lebih banyak bisnis dalam satu pasar khusus, tapi anda sebenarnya jauh lebih berharga dalam pasar anda karena anda akan memahaminya lebih baik daripada semua pesaing anda.

Posisi Web Unik #10—Pelayanan Lebih Cepat

Kita hidup dalam generasi microwave. Kita menginginkan hal-hal yang kita pesan ada di tangan kita kemarin. Jangan sampai anda bilang pada saya produk yang ingin saya pesan akan memakan waktu 4-6 minggu untuk pengiriman. Saya jamin saya akan pergi ke tempat lain. Fed Ex telah membangun sebuah bisnis atas kapan ia mutlak harus sampai semalam. Gunakan mereka sebagai satu pilihan pengiriman anda untuk menyampaikan produk-produk anda ke tangan pelanggan dengan cepat.

Urbanfetch.com, sebuah perusahaan yang baru buka satu tahun, menanti meraup lebih dari 30 juta dollar tahun ini. Coba tebak apa brand mereka. Mereka menjamin pengiriman gratis dalam satu jam di New York City. Tak ada yang bisa mengalahkan itu untuk pengiriman cepat dan kenyamanan.

Bagikan Info ini

Bookmark and Share
Sponsor Web Penghasil Uang

Artikel Terkait

Toko Buku Kedokteran Online

 

Lihat semua daftar posting »»Gajiku di Bisnis Internet is proudly powered by Blogger | Minima Template edited by Bowo