POTENSI PENGHASILAN BISNIS INTERNET

By George Little

APA AKAN ANDA PELAJARI

Dalam pelajaran ini, anda akan belajar ketiga faktor yang memastikan bagi kita pertumbuhan Internet deret-ukur yang berkelanjutan. Tiga faktor ini adalah: Hukum Moore, penerimaan lingkungan-lingkungan digital, dan konvergensi. Anda akan belajar bagaimana prinsip-prinsip ini membuktikan bahwa pemasaran Internet akan memiliki pertumbuhan deret-ukur hasil-hasil deret-ukur selama puluhan tahun mendatang. Anda akan belajar bagaimana terbaik memosisikan diri anda sebagai seorang wirausahawan berbasis-rumah untuk memanfaatkan peluang-peluang digital yang terhampar di depan.

HUKUM MOORE

Hukum Moore menjelaskan biaya yang turun dari teknologi digital. Ketika puteri saya lahir pada 1980, harga chip memori untuk sebuah PC rumah adalah $1.000. (bukan PC menyeluruh, sentil anda, hanya memorinya). Saat puteri saya berumur satu tahun, jumlah memori yang sama hanya berharga $500. Saat dia tiga tahun, harga itu $250. Waktu dia memulai kelas 1 SD, jumlah memori yang sama berharga hanya $62,50. Ketika dia lulus dari SMU pada 1998, harga jumlah memori yang sama itu telah turun ke kurang dari $0,25. Kini, saat dia memulai tahun pertamanya di perguruan tinggi, biaya untuk jumlah memori yang sama seperti dalam PC mula-mula itu hanya beberapa sen dollar. Saya menjamin anda bahwa tidak ada lainnya yang telah kita beli selama masa hidupnya telah turun harganya seperti itu! Kita, tentu, meng-upgrade (menaikkan) jumlah memori yang kita gunakan selama bertahun-tahun itu. Tiap kali kita meng-upgrade, kita membelanjakan jumlah uang yang kira-kira sama tetapi mendapatkan daya komputasi lebih dan lebih banyak. Jadi, yang sebenarnya terjadi adalah bahwa kekuatan komputasi kita meningkat sebanyak 4 kali setiap 3 tahun untuk harga yang sama.

Gordon Moore, salah seorang pendiri Intel Corporation, melakukan pengamatan-pengamatan matematis pada 1960-an atas praktik-praktik rekayasa yang memungkinkan miniaturisasi dalam teknologi semikonduktor. Miniaturisasi ini berlaku bagi prosesor dan komponen-komponen komputer lain dan juga chip memori. Yang dia amati secara matematis adalah bahwa komputer-komputer bisa dibuat 4 kali lebih kuat setiap 3 tahun untuk harga yang sama. Sebagian orang berpendapat bahwa rumus yang sama ini telah berlaku selama seabad penuh, jika anda memasukkan komputer-komputer mekanis dari awal 1900-an dan transistor-transistor kuno yang menyusul.

Seandainya anda tahu bahwa anda bisa mendapatkan 4 kali lebih banyak bahan baku setiap 3 tahun tanpa kenaikan biaya dalam suatu bisnis tertentu, akankah anda ingin menerjuni bisnis itu? Jawaban terbanyak di mana-mana adalah, tentu, “ya!”

Semua bisnis, bahkan bisnis-bisnis bata dan semen tradisional, harus memasarkan barang-barang dan jasa-jasa mereka. Karena bisnis-bisnis mencari biaya terendah untuk menjalankan proses-proses mereka, lebih dan lebih banyak informasi pemasaran dan proses pemasaran, bahkan bagi bisnis-bisnis bata-dan-semen, akan menjadi digital.

Hukum Moore memastikan bahwa bisnis-bisnis Internet, khususnya pemasaran Internet, akan terus tumbuh dan berkembang dengan laju yang mencengangkan. Akankah Hukum Moore terus berlaku dalam masa mendatang? Bisakah para rekayasawan terus membuat chip-chip komputer lebih murah? Para insinyur Intel meyakinkan kita bahwa Hukum Moore akan terus bekerja selama beberapa generasi alat lagi, jika tidak selamanya.


PENERIMAAN LINGKUNGAN-LINGKUNGAN DIGITAL

Faktor berikutnya yang menjamin pertumbuhan sinambung bagi bisnis-bisnis Internet adalah penerimaan oleh para konsumen atas lingkungan-lingkungan digital. Orang-orang telah terbiasa dengan atau menyukai Cyberspace. Kendati banyaknya ramalan sebaliknya, orang-orang telah bersiap-siap bagi lingkungan-lingkungan digital dengan semangat. Banyak komunitas Web telah terbentuk dan para peserta mereka melaporkan merasa hangat dan nyaman dalam lingkungan-lingkungan digital itu. Para peserta telah menumbuhkan suatu rasa identitas yang kuat dengan sejumlah komunitas digital. Seiring Hukum Moore terus bekerja, teknologi kita menjadi makin dan makin mampu menghasilkan lingkungan-lingkungan digital yang mengasyikkan di mana jumlah orang yang lebih besar lagi akan dengan bergairah ambil bagian. Komunitas-komunitas online sedang terbentuk dengan cara sangat sama seperti komunitas-komunitas telah terbentuk dalam dunia jasmani sepanjang sejarah—hanya jauh lebih cepat. Kisah-kisah sukses dari Yahoo! dan eBay dan lainnya membuatnya kebodohan murni untuk berpikir bahwa bisnis bata-dan-semen akan berjalan seperti biasa, tak terpengaruh oleh Internet.


KONVERGENSI

Faktor ketiga yang memastikan masa depan yang makmur bagi para wirausahawan Internet adalah konvergensi. Diartikan sederhana, konvergensi adalah bertemunya hal-hal yang terpisah. Konvergensi kini sedang terjadi pada tingkat industri dan tingkat konsumen. Pada tingkat industri, perusahaan-perusahaan komputasi, komunikasi, dan media sedang melebur untuk membentuk usaha-usaha multimedia seperti MSNBC dan Disney’s Go Network. Pada tingkat konsumen, alat-alat baru sedang digunakan untuk menggabungkan komputasi dengan telepon dan televisi. Dalam waktu sangat dekat, konsumen akan mengganti telepon, TV, dan PC mereka dengan datu pusat media sentral (yang mungkin memiliki beberapa peralatan satelit demi kemudahan dan portabilitas). Bahkan uang kita cepat menjadi digital, seiring kita memiliki simpanan-simpanan bank otomatis dari penghasilan kita sementara kita membeli barang-barang dengan kartu kredit dan debit. Apa artinya ini adalah bahwa produk-produk dan proses-proses digital menjadi makin dan makin penting seiring Internet menjadi makin dan makin dekat dengan kehidupan sehari-hari orang-orang.


POTENSINYA

Tiga faktor ini—Hukum Moore, penerimaan lingkungan-lingkungan digital, dan konvergensi—menjamin kita bahwa potensi Internet bagi wirausahawan berbasis-rumah tak kurang dari luar biasa. Bahkan, keyakinan akan tiga faktor ini telah menggerakkan ekonomi kita selama beberapa lama kini. Para pemodal ventura menurunkan ratusan juta dollar ke dalam usaha-usaha yang murni digital. Dalam dunia digital, perseroan-perseroan besar harus bersaing, bukan hanya dengan satu sama lain tapi juga dengan para wirausahawan berbasis-rumah. Konglomerat-konglomerat besar tak lagi memiliki kelebihan eksklusif. Mengingat biaya rendah dari daya komputasi, tiap-tiap wirausahawan kini memiliki bahan-bahan baku untuk mengembangkan produk-produk dan proses-proses digital dan menyediakannya bagi dunia. Lebih penting lagi, tiap-tiap wirausahawan bisa bersatu dalam lingkungan-lingkungan digital untuk menggabungkan ketrampilan dan pengetahuan mereka dan menggunakan konvergensi demi keuntungan mereka dengan cara yang sangat efisien, yang menyaingi perusahaan-perusahaan besar dengan hasil-hasilnya.


BAGAIMANA MEMOSISIKAN DIRI ANDA

Untuk memperoleh konvergensi, anda harus menyatukan daya komputasi, isi media, dan pengolahan informasi. Untuk memperoleh kehematan skala, anda perlu memosisikan diri di dalam suatu komunitas digital di mana sumberdaya-sumberdaya bisa digunakan bersama. Kendati biaya rendah komputasi, masih ada kekuatan dalam bilangan berkenaan dengan isi media dan pengolahan informasi. Memosisikan diri anda sebagai seorang pemasar bagi salah satu komunitas digital tumbuh paling cepat yang ada tanpa ragu adalah langkah paling cerdas yang anda bisa buat saat ini. Setelah melakukan itu, anda bisa menggunakan kreativitas, keahlian, dan sumberdaya individu anda dalam suatu lingkungan kebebasan menggunakan daya komputasi murah yang anda miliki untuk memperoleh tujuan-tujuan keuangan anda. Disebabkan ketiga faktor yang dibahas dalam pelajaran ini, tersedia peluang yang belum pernah ada bagi anda saat ini sebagai seorang affiliate SFI. Anda hanya perlu memanfaatkannya.


APA SELANJUTNYA

Pelajaran ini mengenalkan anda pada gambaran besarnya. Namun, sukses sejati ada dalam detil-detilnya. Dimulai dengan pelajaran kita berikutnya, “Pendahuluan terhadap Pola-Pola Lalu Lintas Internet,” kita akan mulai membahas detil-detil yang perlu anda kuasai untuk menjadi seorang wirausahawan e-commerce yang sukses. Dalam pelajaran itu, kami akan mengawali anda berpikir tentang bagaimana lalu lintas mengalir lintas Internet. Memahami pola-pola lalu lintas itu sangat penting bagi kemampuan anda untuk berinteraksi dengan lalu lintas Internet secara sukses.

By George Little
alih bahasa: Hendy Kusmarian
penyunting : Hengki Ferdianto

Bagikan Info ini

Bookmark and Share
Sponsor Web Penghasil Uang

Artikel Terkait

Toko Buku Kedokteran Online

 

Lihat semua daftar posting »»Gajiku di Bisnis Internet is proudly powered by Blogger | Minima Template edited by Bowo